Senin, 08 Juni 2015

Kecewa. Gitu aja.


Tiap udah niat mau tidur lebih awal pasti jatuhnya malah gak bisa tidur. Banyak banget yang lagi dipikirin. Entah itu urusan kantor atau hal yang bersifat pribadi. Mulai dari urusan kantor. Ini hari pertama magang setelah OJT berakhir. Itu artinya udah genap empat bulan aku kerja—belajar kerja lebih tepatnya. Gak semenyenangkan yang aku bayangin. Para pegawainya sih ramah semua, udah nganggep kami keluarga. Tapi gak tau kenapa aku masih belum betah. Kayak ada yang ngganjel tapi gak tau apa. Alhasil aku kerjanya juga males-malesan dan kadang malah ngerasa gak ikhlas. 

Workshop kemarin rasanya kayak ditegur. Aku udah nyiapin semuanya dari jauh-jauh hari. Bukan karena rajin sih, tapi emang karena kebiasaan. Aku emang gak bisa ngerjain sesuatu mepet deadline. Jadi aku udah nyicil bikin laporan dari jauh-jauh hari dan berusaha semaksimal mungkin. Aku ngerjainnya cepet-cepet tuh gara-gara pengen cepet selesai semuanya. Gak tau kenapa, bosen aja. Dan… hasilnya pun mengejutkan. Nilaiku paling rendah di antara temen-temen lain—bahkan dari temen yang ngerjain laporannya H-1. Lebih rendah dari temen KPP lain yang bahkan cuma ngumpulin laporan doang dan gak pake workshop. Kecewa. Banget. Padahal laporanku tuh gak jelek-jelek banget kok. Jauh dari bagus sih, tapi kalo jelek banget ya menurutku sih enggak. Tau deh. Kalo aja nilai tuh ngaruh ke penempatan, siap-siap aja penempatan paling jauh. Gak cuma di antara temen-temen se-KPP, tapi temen-temen satu angkatan. Karena apa? Karena aku udah cek secara random laporan temen-temen dari KPP di Indonesia dan emang nilaiku yang paling jelek. -,-“

Selain masalah nilai, ada hal lain. Aku masih ngerasa asing di seksi tempatku sekarang. Udah lima minggu aku menetap di salah satu seksi, tapi masih ada aja yang belum tau namaku. Sedih. Bahkan andaikan aku penempatan hari ini, pasti gak ada yang bakal nyariin. Tiba-tiba ngilang, gitu aja. Dan entah ini cuma perasaanku atau beneran, aku ngerasa gak disukai di tempatku menetap sekarang. Iya sih, aku emang banyak salahnya kalo ngerjain sesuatu. Dan gak tau kenapa setiap kali aku berusaha buat ngerjain sesuatu dengan bener, pasti tetep ada aja masalahnya. Aku harus gimana coba? Eh iya, selain itu aku tuh satu seksi sama temenku yang emang orangnya baik banget, dan lembut gitu. Yah beda banget sama aku—yang dari suara aja gak ada lembut-lembutnya sama sekali. Alhasil, aku kayak kebanting gitu sama dia. Intinya, aku jadi keliatan tambah jelek bahkan jelek banget. Udah ngerasa asing, keliatan jelek pula. Harusnya sih aku bisa introspeksi. Tapi gak tau kenapa, rasanya udah badmood duluan tiap inget semuanya. Pengen cepet-cepet penempatan aja bawaannya.

Masalah kantor udah. Duh kalo masalah pribadi kayaknya terlalu malu-maluin buat dibahas di sini. Intinya sih aku kayaknya kurang bersyukur deh. Gak tau kenapa, aku kok kayak gak bisa nemuin celah buat bersyukur. Masih suka ngeluh, suka marah sama Allah, childish banget, ngerasa paling menyedihkan—atau apalah. Masih aja ada hal-hal sepele yang bikin aku kecewa. Misalnya, banyak hal yang udah aku usahain mati-matian tapi hasilnya jauh dari harapan. Bikin kesel dan capek… kayak sekarang.

Tulisan ini tanpa di-edit
Maguwoharjo, 08 Juni 2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar